Indonesia

Buku “Literasi Digital Keluarga”

Screen Shot 2019-02-18 at 09.08.35

Editor: Novi Kurnia
Penulis: Novi Kurnia, Engelbertus Wendratama, Wisnu Martha Adiputra, Intania Poerwaningtias
Penerbit: UGM Press, SiberKreasi, dan CfDS Fisipol UGM (2018)

Dengan memadukan teori dan praktik literasi digital keluarga, buku ini mempunyai sasaran pembaca yang relatif luas.

Pertama, akademisi, peneliti, dan mahasiswa yang tertarik pada isu literasi digital terutama pada institusi keluarga. Mereka bisa memanfaatkan buku ini sebagai referensi.

Kedua, pegiat literasi media dan literasi digital yang menaruh perhatian pada persoalan penggunaan internet pada anak- anak dan peran orangtua dalam pendampingan. Mereka dapat menggunakan buku ini sebagai panduan dalam melakukan berbagai kegiatan literasi media atau literasi digital, terutama yang target sasarannya adalah anak-anak dan orangtua.

Ketiga, orangtua yang mempunyai kepedulian terhadap interaksi anak dengan internet dan dampak yang ditimbulkannya. Buku ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi untuk meningkatkan kecakapan literasi digital anak. Selain itu, buku ini juga bisa berfungsi sebagai panduan dalam mendampingi anak dalam berinteraksi dengan internet.

Keempat, guru yang mendampingi anak dalam menggunakan internet di sekolah, misalya dalam proses pengajaran dan pemberian tugas. Buku ini pun bisa bermanfaat sebagai panduan bagi guru agar mempunyai kecakapan literasi digital dalam mendampingi anak-anak di sekolah.

Secara teoretis, buku ini mendiskusikan pentingnya pendampingan orangtua dalam praktik literasi digital di rumah. Isu ini relevan karena keluarga urban dewasa ini telah memperkenalkan internet pada anak sejak usia dini.

Buku ini memberikan argumentasi bahwa orangtua idealnya memiliki dan meningkatkan kecakapan literasi digital agar bisa menjadi agen literasi yang bijak dalam keluarga. Posisi orangtua di sini tidak hanya berkaitan dengan posisi ibu saja, yang sering dianggap sebagai pendidik utama keluarga, namun juga posisi ayah serta anggota keluarga lain.

Secara praktis, buku ini mengisi kekosongan pustaka literasi digital yang memadukan pendekatan teoretis maupun praktis pada pola pendampingan orangtua terhadap anak dalam penggunaan internet.

Setiap keluarga unik dan mempunyai cara masing-masing dalam mengatasi berbagai persoalan terkait dengan penggunaan internet oleh anak. Cerita-cerita kecil tentang praktik literasi digital keluarga melalui mereka amatlah penting sebagai pintu masuk untuk memahami literasi digital keluarga di Indonesia.

http://literasidigital.id/books/literasi-digital-keluarga/

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s